Makin kreatif dan rajin selama #dirumahaja



Bismillahirrahmanirrahim.
Draftnya Juni, baru ditulis Juli, entah kapan di publish.
Belum bosan kan #diRumahAja ? udah hampir 3-4 bulan mendep dirumah, keluar rumah cuma untuk kerja dan kebutuhan mendesak. Ga ada namanya nongki cantik meet up sama temen-temen. Kan ada hape dan kuota, bisa meet up virtual. Sabar ya.. lihat kondisi ini dari sudut pandang berbeda. 

Kalo aku pribadi, mikirnya ini adalah waktu nya kita berbenah. Evaluasi diri dan mengambil hikmah. Dikasih waktu banyak dirumah, bersyukur~ dikasih waktu istirahat. Walaupun ga tau sampe kapan, jalani aja dulu dengan hati yang penuh syukur, karna bisa jadi setelah ini kita bakal bener2 sibuk sampe ga sempet melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan sekarang. #eaa sok bijak.

Nah.. kamu ngapain aja selama #dirumahaja ??
kalo aku, alhamdulillah agak rajin dikit. Coba resep2 viral wkwk
Bersyukur sekali ditahun 2020 ini aku bisa mengupgrade skill memasakku yang newbie banget ini. 😜
Lumayan kan, ada tiga jenis masakan yang akhirnya aku bisa bikin sendiri, Alhamdulillaah (walaupun belum bisa dikatakan enak banget banget banget, seenggaknya bisa dimakan) 😂

Mungkin, Bisa masak itu cuma butuh rajin aja, ga perlu punya bakat. Skill itu akan terasah kalo semakin rajin dilatih. Soalnya di youtube banyak bgt berseliweran tutorial masak ini itu. Tinggal kita aja mau gak mencoba. Gagal itu biasa, ga ada orang yang sekali coba langsung expert ya kan (hmm ada mungkin, tapi satu banding seribu), Gapapa, gagal itu manusiawi. hahaha. Akhirnya dengan berbekal niat yang besar, aku coba untuk masak beberapa makanan. 

1. Pempek Ikan Kakap

Hahaha.. jadi gini, awalnya mau coba buat pempek karna ada temenku yang jualan ikan giling. Dia nawarin aku, trus ku bilang aku ga bs buat pempek. Kata temenku, buat pempek itu mudah, tinggal liat aja tutorialnya. Setelah beberapa saat, pada penawaran kedua, aku beli ikan giling. Aku nonton beberapa tutorial membuat pempek di youtube, sebelum akhirnya memutuskan untuk buat pempek (harap maklum, harus paham teori dulu, baru berani praktek). 

Akhirnya disertai ragu ragu disana sini, kelar juga nih pempek. wkwk. kenapa ragu-ragu? cemas takut salah. kenapa konsistensi nya gini, kenapa kok ga cantik bentuknya, kenapa ini kenapa itu dan banyak keraguan lain nya, TADA ! kelar juga pempek pertamaku. Pempek lenjer dan pempek telur. yeeeyy ~ 😂 hm.. aku kemarin buatnya waktu lagi puasa, wkwkw. Jadi takaran garemnya agak kebanyakan, asin. Tapi tetep bisa kok dimakan, caranya? dijadiin pempek lenggang. Itu loh kayak buat telur dadar dikasih potongan pempek. Enak ! ga perlu dikasih garem lagi karna udah asin. Bisa dimakan, alhamdulillah. Kata mamaku, tekstur pempeknya sudah bagus, cuma asin aja. yehe~! proud of my self wkwk. Aku udah nyoba 3x masak pempek sejauh ini, next mau coba buat pempek adaan dan pempek kulit. Bismillah semoga rajin. 


Tada~ pempek buatanku sendiri ❤

2. Pie Susu Teflon

Nah, ini nih resep viral, dimana mana ada resepnya dan hampir semua orang coba. Awalnya aku ga ikutan sih, liat tutorialnya pun ga naksir. Semua temenku nyoba buat pie susu ini, karna selain bisa pake alat seadanya, bahannya pun seadanya juga dan ga susah buatnya. Aku akhirnya ikutan nyoba buat juga, karna ngeliat segampang itu buatnya. Bahan nya pun sungguh sederhana, gampil banget buatnya, ya tapi ga tau rasanya gimana, wkwk. Coba aja dulu, urusan rasa terakhiran wkwk. 

Seperti biasa, persiapan teori is a must. wkwk. Setelah menonton berjilid2 tutorial memasak pie susu teflon, akhirnya nyobalah buat. Cantik banget emang untuk difoto, warnanya cantik, kayak lemon. MasyaAllah. Dikarenakan sudah nonton banyak tutorial, aku bisa menghindari kegagalan akibat kulit pie gosong, alhamdulillah. (api jangan kontak langsung dengan teflon, dialasi seng atau tutup panci ga kepake. tips dari mbak2 di youtube). Bangga? iya lah. Ga gosong, cantik, bisa dimakan. alhamdulillah.

Rasanya gimana? rasa telur. 😐 Kebanyakan telur dan kekurangan susu. Ga sama dengan pie susu bali itu, jauh rasanya wkwk. yaudah ngaku, untuk rasa fix gagal. Aku buat beberapa kali pie susu ini, 3x kalo ga salah, kadang SKM (susu kental manis) yang vanila, atau coklat dan masih tetap dengan rasa telur yang mendominasi. Akhirnya di percobaan keempat, ketrigger sama temenku yang nyoba juga dengan resep yang agak beda, akhirnya pie nya beneran rasa susu. hampir mirip sama pie susu bali itu, masyaAllah alhamdulillaaah 😃 (tapi sayangnya potonya entah kemana, ku cari dulu ya, nanti susul di upload) (udah dicari potonya, hilang, sayang sekali. haha ntar kalo masak yg gitu lagi ku fotoin deh)

Ini pie susu pertama ku, masyaAllah cantik ❤

Ga gosong dong 😉 (bangga banget) wkwk

ini masih juga yang pertama fotonya.

3. Donat / Roti Goreng


Nah~ aku lupa kenapa awalnya mau coba buat donat. Bukan karna viral, cuma karna mungkin selama pandemi ini semua orang makin rajin untuk bereksperimen, termasuk aku. Aku suka roti, tapi aku cemas dengan bahan yang digunakan, apakah semua nya halal? Karna setau aku, ada ragi instan yang ga ada label halalnya, hal ini yang selalu aku cemaskan tiap kali mau beli roti (toko roti yang ga ada halal mui nya) dan donat rumahan. Jadi, kayaknya lebih aman buat sendiri aja. Prinsipnya, kalo bisa buat sendiri, kenapa harus beli? sekalian jadi lebih hemat kalo buat sendiri. Setiap kali mau jajan, buat sendiri aja. 

Entah udah berapa kali nyoba buat donat. Sering banget, 5x kayaknya atau lebih, ga inget. Awalnya aku pake teknik autolisis (hasil nonton tutorial berjilid2), makin kesini aku ga pake teknik itu lagi, lama bener soalnya. Baru di percobaan ketiga adonan nya bener-bener ngembang sempurna. Biasanya aku buru2 masaknya karna keburu mau buka puasa, jadi ga ngembang banget langsung digoreng aja. Rasanya? Rasa donat, alhamdulillah. Rasanya aku suka sih, karna bisa atur sendiri, agak banyakin garem jadi kerasa agak asin ada manisnya juga, jadi lumayan enak, apalagi panas-panas. masyaAllah, tanpa topping aja enak. (menurutku ya). Aku agak kesulitan ngadon adonan nya, karna konsistensi nya agak beda dari yg di tutorial, kayak terlalu banyak cairan, susah dipegang, terlalu lengket, tapi kalo di tambah tepung, nanti jadi keras. wkwk. Selain itu aku kesulitan untuk melubangi donatnya, wkwk jadi donat pertamaku bentuknya abstrak banget, gajelas wkwkwk. untung masih bisa dimakan. Akhirnya dipercobaan kedua, aku ga mau melubangi donatnya, makanya jadi bulet2 aja kayak roti goreng. Tapi sayang dipercobaan kedua, mau buat topping karamel, eh malah jadi kayak makan beling, terlalu tebal dan keras, rontok gigi kalo makan donat ini. wkwkwk 

Percobaan selanjut2nya, makin asik dan terbiasa, tapi itulah.. kulit rotinya masih terlalu krispi dan tebal menurutku, belum lembut. Pernah nyoba campur kentang, ga ada bedanya, mungkin tekniknya salah. PR mau coba buat donat yang lembuuut banget. semoga aku bisa :') 

Ini donat topping karamel rasa kuda lumping makan beling
hahaha, tapi dia estetis banget untuk difoto, bukan untuk dimakan.


Nah ini percobaan ketiga,
bahagia sekali karna berdasarkan teori,
adonan dikatakan berhasil kalo waktu di goreng mengapung
dan ada cincin putihnya (ngikutin teori bgt) haha.


hiiih gemes, haha.
 aku coba juga kukus adonan maksudnya jadiin bakpau
tapi terlalu berat pas dimakan, rasanya padet banget,
kayaknya agak beda resepnya kalo mau buat bakpau.


Sudah, gitu doang cerita kali ini. semoga makin banyak bisa masak ini itu. aamiiin
#2020bisamasak. aamiin



Comments