29 hari karantina di kota Malang

@ Bromo sunrise point, okt 2019

Hai mentemen. Assalamualaikum !
ya Allah udah 2020 aja nih.
tepat hari ini tanggal 20 bulan januari tahun 2020

di akhir 2019 kemarin banyak momen penting terjadi dihidup aku salah satunya, akhirnya aku lulus koas :') dari dokter gigi muda menjadi dokter gigi (beneran)
Alhamdulillaaah..
aku di wisuda tanggal 18 desember 2019 kemarin
masyaAllah tabarakallah

Pulang wisuda, foto sama khun

Oh ya balik kejudul postingan ini. Jadi ceritanya kemarin itu hampir sebulan aku sama temen-temen KG ku tinggal di Malang untuk persiapan ujian kompetensi dokter gigi batch oktober 2019.

"Kenapa ke kampus lain? emang kampus sendiri ga ada ujian nya?"
>> iya kg unsri belum ngadain ukom sendiri, karena keterbatasan sdm dan sarana prasarana. makanya setiap ukom, dari jaman dulu sampe sekarang, anak kg unsri dititip ke kampus lain. Doain aja semoga secepetnya bisa ngadain ukom sendiri, biar biaya nya lebih murah.

oke back to topic
Di Malang, kami nginep di Soekarno Hatta Apartement selama 29 hari. Sekamar itu bertiga, roommate aku kak icha, sama dita. Sebenernya yang ujian ukom dari KG unsri itu ada 31 orang, tapi dibagi-bagi dibeberapa universitas. 12 diantaranya di titipkan ke Universitas Brawijaya Malang.

Kami berangkat bareng dari Palembang tanggal 2 oktober 2019 sempet transit dulu di Jkt. Kami nyampe nya udah sore, menuju ashar kayaknya. Nyewa mobil( taksi bandara) langsung di anter ke apartment. Kami bertiga kebagian kamar di lantai 18, di undi pembagian nya, kami dapet kamar yang paling besar, penthouse, ada satu kamar tidur terpisah. Temen-temen lain kamarnya studio, nah satu emang sengaja kami pilih satu penthouse, biar bisa ada tempat luas untuk belajar rame-rame. Pokoknya jumlah dari 4 kamar itu dibagi total semua nya ada 12 orang.Walaupun kami yang dapet pent house tetep bayar ny bagi rata sama yang lain, enak yaa hehe. harganya 1,2jt atau 1,3jt lah ya untuk sebulan/ orang (tidak termasuk uang deposit).

Hari kedua di Malang kami langsung silaturahim ke FKG UB, ketemu sama staff TU dan dekan. Sebenernya kami tu udah telat ikut pembekalan ukom di fkg UB, mereka udah mulai dari pertengahan september loh. kami belum bisa berangkat saat itu karna masih ada ujian dikampus kami, tapi sayangnya duit pembekalan nya tetap bayar full, udah sempet ditanyain tapi emang bayarnya paketan gitu, ga bisa setengah2.

Di fkg UB kami ikut pembekalan dari dosen-dosen disana. Ga full senin sampe sabtu sih, tapi hampir tiap hari ada pembekalan. Biasanya dari pagi sampe siang, atau dari jam 10an sampe siang. Trus selain ikut pembekalan kami juga ikut bimbel ukom dari luar, jadi tutornya dateng ke lokasi yang sudah disetujui, kami bimbel nya di penthouset. Biasanya pulang pembekalan siang nya abis makan siang kami lanjut bimbel sampe malem. Ya Allah kayak anak di karantina gitu. belajar teroooos. bimbelnya cuma 10 hari, sisanya kami banyak latihan sendiri sesama temen. Banyak ngerjain soal, latihan osce.

Aku lupa tanggal berapa, kami tu ada TO dulu gitu, try out CBT dan osce. kalo ga salah to cbt nya tanggal 10 oktober, trs to osce tanggal 18 okt. Tingkat stres nya tu tinggi banget. menuju ujian ukom nya makin panik cemas, mood ga karuan. Jadwal ukom nya 25-26 oktober, CBT dan OSCE.

Sebelum ukom kami ga pernah ada jalan atau main-main kemana. Paling pergi ke kampus pembekalan, ke warteg atau nyari makanan, trus apartment. Stres tinggi banget. Tapi waktu istirahat tetep dijaga, karna kesehatan nomer satu. Percuma nanti belajar mati-matian sampe ga tidur-tidur tapi pas hari H ujian malah drop. Itu pesen semua dosen disana.

Entahlah. rasanya tu kayak pasrah banget. apapun hasilnya nanti yang penting udah ikhtiar dulu. Ga ada satupun yang bisa nolong, kecuali Allah. Intens banget merayu Allah biar bantuin kami, meluluskan kami.
 tiap hari latihan soal yang ga habis-habis. latihan ngomong untuk ujian osce. beneran kayak dikarantina, waktu kami habis untuk belajar. kek anak rajin bener rasanya (wkwk), padahal ya harus. ga ada pilihan lain. belajar aja belum tentu lulus, apalagi ga belajar 😭

baru kali ini lah aku cemas bangeeeet sampe berasa mau pingsan. semua orang yang disana jg sih, tangan kaki dingin semuaaaa, mati rasa, jantung berdegup sangat kuat, nafas terengah-engah. mau pingsan, tapi alhamdulillah ga pingsan :')

Selesai ujian tu kek rasanya legaaaaa banget ya Allah. eh sebelum itu pada nangis dulu, karena merasa ga puas dengan apa yang telah dikerjakan. setelah itu ya udah. Malem setelah ujian osce langsung otw ke Bromo. wkwk. udah lupakan semua. lupakan. 😆

btw, sempet poto-poto pasca osce nih.

temen-temen dari berbagai universitas

ini squad nya KG Unsri. berduabelas

Pulang ujian kami makan (siang) di sore hari. trus langsung pulang ke apartment beberes, tidur, trus tengah malem dibangunin, di jemput sama travel menuju gunung Bromo, berangkatnya tengah malem karna mau ngeliat sunrise.Nyampe dilokasi mobil jeep hampir jam 3, ya Allah dingiiin banget, kayak es. Aku ga ada jaket,tapi aku bawa selimut wkwkwk. Dari sana naik mobil jeep menuju tempat lokasi melihat sunrise. Sepatu aku tu tipis, flat, aku pake dua lapis kaos kaki, dan kaki aku mati rasa pas lagi jalan kaki naik ke lokasi tempat liat sunrise. Ada banyak tempat penyewaan jaket, jadi kami pada nyewa jaket biar tetep hidup (wkwk), dari travel juga dikasih bonus topi dan sarung tangan.

Pas nanjak kan masih gelep ya,(jam 3 pagi) kiri kanan pohon, trs aku tu noleh liat langit, masyaAllah, sekalipun mataku ini ga pernah ngeliat langsung langit penuh bintang kayak gitu. cantik banget masyaAllah. rasanya mau noleh ke langit terus tapi takut ntar kesandung kalo ga liat jalan wkwk. Pas dipersimpangan, ada mushola sama warung kecil. Sholat subuh dulu disana, sayangnya ga sempet tahajud disana karna udah keburu subuh (3.45 loh adzan subuhnya wkwk). Abis subuhan kita makan sedikit, makan mie kuah, ya Allah anget, enak banget wkwk. Padahal udah puasa mie, sampe sana langsung tergoda wkwkwk. trs setelah itu langsung mendaki lagi, naik ke tempat yang lebih tinggi.

Langsung aja ya aku liatin fotonya..

Cantik banget pemandangannya. masyaAllah :')

background nya gunung Bromo dan Bukit Mangkok
Awalnya pas naik ke lokasi melihat sunrise, aku bingung, yang mana gunung Bromo. Pas naik ke kawah, baru ngeh ternyata itu toh gunung bromo. MasyaAllah besar banget. Abis dari sini, kami menuju pasir berbisik. Setelah itu ke bukit teletubies, trus ke kawah Bromo. Trus pulang deh. Dzuhur kami nyampe lagi diposko awal, trs balik naik mobil travel, mereka nungguin disana.

Aku share langsung foto-fotonya ya..

Ini mobil jeep kami, kami tu pergi bersepuluh. Jeep nya dua
Ini dipasir berbisik. Pasir vulkanik nya gunung Bromo
banyak angin. apalagi pas mobil jeep lewat. kayak badai pasir
trs pasir nya tu kayak ada pola batik gitu. cantik masyaAllah
Ini di bukit teletubbies

Angin nya berpasir.
Sampe pake masker karna takut masuk hidung semua
mejem mejem takut masuk mata

sama kak icha nih. wkwkwk
berjemur di sinar matahari jam 8

Setelah itu kami stop lah di pemberhentian selanjutnya, kawah gn. Bromo. jeep nya stop jauh, trs kami jalan kaki kalo mau ke kawah. Banyak sih yang nawarin naik kuda, tapi mahal. Duit pas-pasan akhirnya jalan kaki wkwkwk. Kata supirnya ga bs parkir deket kawah, karena banyak dipasang alat deteksi erupsi Gn. Bromo, takutnya nanti alatnya rusak kena getaran mobil. Trus jalan kaki kan kami, jauuh banget itu entah berapa kilo. beberapa temen aku udah nyerah dan stop di pura. Tiga dari kami terus jalan. satu udah duluan. Aku berdua sama kika tetep jalan kaki menuju kawah. Subhanallah capek banget, sakit banget kaki akuuuu. Jantung mau lepas rasanya. rasa ga sanggup tapi sayang banget udah setengah jalan. wkwkw. Jalannya tu berpasir, jadi susah banget di injek, kaki tenggelem . Sepatu penuh pasir, sampe ceker kaki, trs kepanasan karna udah siang, pake sepatu lagi. wkwkwk. berkali-kali stop istirahat dan nengok kebelakang untuk menumbuhkan semangat baru. wkwk

Allahu akbar, setelah anak tangga entah ada berapa itu kami naiki dengan susah payah sisa tenaga, akhirnya nyampeeeee. mo nangis 😭😭😭 MasyaAllah. Selama mendaki kek melow gitu jadinya, jadi inget sama ortu, kata kika "mungkin belum sampe secapek ini kak perjuangan ortu kita membiayain sekolah kita. naik gunung ini aja capek banget" berulang kali kami saling menguatkan untuk naik gunung. wkwkwk kesian tapi lucu juga.

ya Allah bangga dan bahagia banget bisa ngeliat kawah gn. Bromo yang perjuangan untuk ngeliatnya sesusah itu. masyaAllah. harap maklum, aku belum pernah naik gunung sekalipun. Langsung liat foto nya aja ya...

Pas naik. Subhanallah. Tinggal sisa-sisa tenaga.
 Tangga nya terjal amet.

MasyaAllah. Bersyukur sekali :')

Nah ini. feri udah duluan dia. trs aku sama kika bareng berdua.

Ada perasaan takut pas liat kawah, masyaAllah ciptaan Allah.
Kalo tetiba gunung nya erupsi pas kami lagi di atas,
 sudah ku serahkan semua pada Allah

Nah ini gunung mangkok atau bukit mangkok
katanya anak gn. Bromo pas erupsi
disana aku bingung, kok anaknya sama tinggi ya, eh pas ngeliat foto jarak jauh.
ternyata tingginya aja sejajar karna udah erupsi
tapi lebar ny jauh banget masyaAllah
besaaar banget Gn.Bromo Allahuakbar

nah itu tangga terjalnya
btw. aku beli bunga ini, kata penjualnya hasil budidaya.
khusnudzon aja.

Setelah itu kami pulang. Sore nyampe ke apartment. Malemnya kami keluar ke taman bermain lampu lampu gitu di Malang. Besok pagi nya rencana ke Jatim park, ada rencana juga mau arung jeram, tapi belum berjodoh :( hahaha. eh. langsung diceritain sama foto aja ya. aku udah capek ngetik 😋

ini pas malem main ke sekitaran kota malang. Aku lupa namanya apa. wkwk

Nah paginya kami nyewa mobil, trs berangkat menuju Batu
menuju jatim park 1

kami berdelapan, temen2 lain udah pulang

Panjang banget padet isinya jatim park 1
banyak ngenalin budaya Indonesia
Bagus ngajak anak-anak rekreasi sambil belajar

wkwkwkw

tujuan kami tu main wahana sebenernya. kicir-kicir ya ini namanya
hahaha
nah ini tornado subhanallah allahu akbar !
numpang poto aja rame begini
yang naik aslinya cuma orang 3
aku, kika, sama feri
wkwkwkwk dasar bolang bolang
dan ini adalah wahana terakhir yang kami mainkan,
karna ada yang muntah parah, lemes sampe kek hilang semangat
wwkkwkwkw (ngakak)
setelah itu kami makan bakso soni

Trus setelah dari makan bakso
kami menuju wisata paralayang taman langit.
 Maksudnya mau liat kota malang dari ketinggian
Cantik banget kok. ini fotonya
tapi ternyata tempat wisatanya rada horor wkwk
 backsound nya lagu jawa
trus banyak lampu yang mati
berkabut dan dingin banget karna lokasinya di atas gunung
horor, berasa lagi main film kkn desa penari wkwkwk

Ini juga masih di lokasi yang sama
pulang-pulang kami langsung ke alun alun Batu
langsung solat isya di masjid
di alun alun kota banyak jualan makanan
trs ada wahana ini, apa sih namanya kok aku lupa ya
kami naik ini dong. setelah itu kami pulang
Selesai !!!
Alhamdulillaaah akhirnya postingan di tahun 2020 dimulai
udah lama banget ga blogging.

ohya...
Pengumuman ukomnya tanggal 20 november 2019
mendekati pengumuman makin gelisah dan stres tinggi lagi
makan ga napsu, dan segala macem jadi lemes.
tapi alhamdulillah aku lulus, temen-temenku juga lulus :')
cuma emang ada beberapa temenku yang belum rejeki untuk lulus
aku tu sampe nyubit tangan sendiri berkali-kali untuk memastikan bahwa ini bukan mimpi :')
ini bukan soal siapa yang pinter siapa yang ga pinter, ada yang ga lulus bukan berarti dia ga mampu. Kami tu beneran ga tau dan pasrah dengan apapun hasilnya.
semua tu rejeki, alhamdulillah rejeki ku wisuda desember 2019
Makasi banyak ya Allah....
semoga aku jadi hamba Mu yang pandai bersyukur
maafin aku ya Allah, padahal aku... (inget dosa)
Makasi banyak ya Allah alhamdulillaaaahh T_T

oke sekian cerita kali ini.