My Story: Kekuatan Bulan

Assalamualaikum semuanya, kembali lagi di blog ini. 
hmm.. ini sebenernya sambungan dari cerita tentang sahabat-sahabat aku..

Kalo dilihat dari cover foto nya aja, ketauan siapa aja yang bakal aku ceritain disini.
Kak Icha, Miftah, Sischa dan Ummul. Mereka semua temen aku di kampus, 
(deketnya sejak koas).

Dulu, mana pernah sedetik pun terbayang bisa sedeket ini sama mereka. soalnya, mereka tu jaman masih preklinik, para ukhti-ukhti elegant nan eksklusif. Pergaulan nya seolah hanya terbatas sesama mereka. Obrolannya tu ga satu frekuensi sama aku. Soalnya aku yang kemarin, aku yang seorang fans kpopers, apatis, labil, masih mikirin siapa yang bakal jadi pacar pertama aku (waduh wkwkwkwkw), 
yaa iya lah! mana masuk sama rombongan ukhti-ukhti berjilbab panjang yang kerjaan nya kuliah-kegiatan organisasi-syuro'-kuliah-syuro', kuliah-syuro'. masyaAllah produktif dan berfaedah sekali :')

Dan sekarang, ya Allah..
kek doa-doa aku tu dikabulin gitu.
aku tu dulu pernah berdoa kepengen banget punya temen yang kemana-mana tu sama tujuannya tempat perginya sama,  tempat kumpulnya sama.. kepengenan nya tu sama.. setiap kegiatan ketemu dia lagi dia lagi.. aku pengen ngerasain itu..

Dan ternyata, Allah bantu aku untuk menggapai mereka.
Allah kasih harapan itu.. Allah satukan aku dengan mereka.. kek anugerah terindah gitu 😭
masyaAllah

Tak pernah terbayangkan sedetikpun bisa satu meja, diskusi bareng kumpul bareng, bahkan nginep bareng sama mereka-mereka ini. Sahabat-sahabatku tersayang. 💗

MasyaAllah

bukan hanya mereka berempat,  banyak mbak-mbak sholehah lain yang aku sangat bersyukur bisa kenal dan dekat dengan mereka.  ya Allah, jagalah aku..
jagalah persahabatan kami hingga bertemu kembali di Syurga. aamiiin..


Ini waktu Sischa wisuda drg.
Paling suka foto ini, karna lengkap berlima, trus unik juga
pengen dicuci wkwk

Aku bakal ceritain satu persatu ya, secara umum aja tentang mereka berempat.
Pertama, urutan berdasarkan abjad.

Kak Icha

Kak icha itu nama aslinya Khairunnisa. Gadis minang ini. Asli. Lahir di Bukit Tinggi, ortunya minang semua tapi beliau besar di Palembang. Kenapa aku panggil kak? Karna emang sebelumnya sempet kuliah di tempat lain, trus tes lagi, dapet di KG. makanya aku panggil kakak. Kak icha tu tipe yang terstruktur, pinter nabung, pinter atur keuangan, aku salut sih dengan kegigihan kak icha dalam mencari uang, pinter dagang, bisa ngeliat peluang, rapi, tekun dan pantang menyerah. Sholehah, akhwat anggun. Rajiiin banget organisasi, entahlah riwayat organisasinya kayaknya panjang banget (wkwk). Trus temen nya banyak banget, koneksi nya luuuuuaaaas. masyaAllah. kek semua orang tu dari mana-mana kak Icha kenal. wkwk. Cuma emang kak icha ini tipe yang kevooo, bersikeras, blak-blakan kalo ga suka, deadliner kayak aku, ngambek-an dan mudah tersinggung. hahaha. ciri khas kak Icha banget.

Aku belajar banyak hal dari kak icha. Aku belajar apa artinya sahabatan. Sahabat itu bukan cuma sekedar kenal doang, tau seneng nya doang, tapi juga saling memahami, saling menolong, merasakan apa yang sahabat kita rasakan. Dan itulah yang diajarkan di tahapan berukhuwah. Ta'aruf (saling kenal)- Tafahum (saling memahami) -Ta'awun (saling tolong)- Takaful (saling menanggung)-  Itsar (mendahulukan orang lain). MasyaAllah. Kalo kamu jadi sahabatnya kak icha, kamu ga bakal dilupain dan bakal di prioritasin sama doi. itu yang aku rasakan sahabatan sama kak Icha.

....

Miftah

Namanya tu Miftah Wiryani. kenal sejak SMA sebenernya, tapi cuma kenal doang. Miftah lahir dan besar juga di Palembang, tapi aku ga pernah tau suku nya apa. mungkin sama kayak aku, yang bingung kalo di tanya soal suku. wkwk. Kalo menurut aku, miftah itu tipe pemimpin, terstruktur, rapi, terjadwal, terorganisir, telaten, persiapan nya matang banget untuk menghadapi sesuatu. Visioner banget. Tegas. Misterius. Beribawa dan anggun. Sholehah sejak anak-anak kayaknya. wkwk. Ukhti sejati lah dalam bayangan aku. Miftah itu emaknya para kucing. temen nonton akuu. Favoritnya itu film-film superhero. suka film2 detektif juga. Suka banget dengan semua hal berbau greentea, suka dengan segala jenis minuman teh 😶 (berbanding terbalik sama aku). Pernah sih, beberapa kali aku ngerasain miftah marah kalo sesuatu ga berjalan sesuai rencana, ngomong nya serius, nada suara agak bergetar gimana gitu dan ga ada sedikitpun senyum. hehe Tapi abis itu biasa lagi. kalo masalah kelar, yaudah biasa lagi.

Aku banyak belajar dari miftah, apalagi soal agama. Setiap kali aku denger sudut pandang miftah, beda banget gitu dari sudut pandang orang biasa, apalagi orang kayak aku. Ga bisa sama sekali aku nebak dengan sudut pandang yang kayak gitu. Seketika aku terinspirasi. hhaa. Oh.. beda level yang iman nya sudah tinggi. Sudut pandang nya tu pasti balik lagi ke agama, ke Allah. masyaAllah.

Ini waktu dapet gratis nginep dihotel.
merasakan jadi orang kaya dilayani wkwk
 nginep berempat karna sischa nya mudik
Sischa

Nama lengkapnya Sischa Ramadhani, sekarang udah resmi jadi dokter gigi. Sischa itu gadis keturunan batak yang besar di Bangka. Doi sangat membanggakan suku nya, hehe. Soalnya sering cerita soal budaya batak, bahasanya, cara sebutan manggil keluarga, entah berapa kali itu di ulang-ulang ceritanya. Sischa tu tipe yang ambisius, tapi dia ambisius yang positif. Terkenal pinter dan gesit. Mandiri. Keras kepala. Kalo memberi kritik sangat jujur dan blak blakan. kurang berperasaan kayak cowok, emang rada tomboy sih gaya nya. Dia baik hati loh, setelah urusannya selesai, dia bakal ngusahain ngurusin orang lain juga. Dia tu kalo buat target, realistis banget. Aku yang sering buat target ga realistis dan jarang tercapai, jadi takjub banget 😂 . Sischa itu pantang menyerah dan pekerja keras. Dia juga lumayan kepo dan sering keceplosan wkwk. Sebenernya ga sengaja ember, tapi emang karna hobi bercerita. 😒 hahaha. Sischa juga hobi nonton film horor, suka juga thriller tapi udah tobat katanya.

Aku belajar sih ngeliat dia yang semangat banget, ambisius, terstruktur, persiapan matang, jadi ikutan  ketuleran bersemangat. Sischa itu sering ngasih semangat, kadang caranya emang membuat down awalnya, tapi ada benarnya. kadang kemalasan itu butuh dicambuk. wkwkwk. 

...

Ummul

Namanya Ummul Fitri. Gadis kerinci. Deket minang lah ya. Ummul tu kalo dalam pikiran aku kayak seorang ilmuan gitu. Ilmu nya banyak dan cepet nangkep nya. Selalu memotivasi aku untuk jadi lebih baik. Ummul itu rajin banget mengembangkan potensi dirinya, dan istiqomah dalam hal itu. Dia banyak ikut pelatihan ini itu, baca buku ini itu, trus aku di ceritain banyak juga dapet ilmu dari ummul. masyaAllah bahagia nya punya temen rajin. Aku tu kek mau nanya soal apa aja bisa ke ummul. Ummul itu pekerja keras, sangat mandiri, dan perfeksionis. Ummul pendengar yang sangat baik, memperhatikan saat kita berbicara, dan penyimpan rahasia yang handal. Dia ga pernah ngasih tatapan ngejudge setiap kali aku bercerita, jadi nyaman banget bisa bercerita tentang apa aja. Ummul itu tipe pemikir, jadi lebih rasional daripada menggunakan perasaan. Dia pinter ngatur uang juga, penyayang kucing, kucingnya udah kayak anaknya sendiri. Orang mungkin mikir ummul pendiem, tapi kalo sudah kenal, pemikiran doi tu dalam dan luas, ilmu nya banyak. Beruntung bisa sahabatan sama ummul. 

Aku sejauh ini gak pernah ada konflik sama ummul, wkwkwk. Kenapa? karena kami itu tipe manusia pemendam perasaan dan berusaha menyembunyikan ekspresi. Ummul pernah bilang gini sama aku: "kalo sahabat kita ngeselin, dan dia sangat jarang membuat kita kesal, ga perlu langsung ditegur, bisa jadi kita pun pernah membuat dia kesal dan dia memaklumi hal itu".. lain cerita kalo orang yang ngeselin sepanjangan, artinya ga cocok, biasanya tipe tipe manusia macam aku sama ummul akan berusaha menghindari orang yang ga cocok. hehe

Intinya aku banyak belajar dari ummul, aku banyak termotivasi, apalagi tiap kali aku sedih dan merasa buruk, pasti ummul selalu punya quotes-quotes bijaksana yang bisa memotivasi aku, masyaAllah. Beruntungnya diriku...


Ini di salah satu tempat makan
si Ummul ga ikutan, nyusul pas pulang karna dia blm selesai asistensi

Kekuatan Bulan.

Kenapa nama nya itu? ini awalnya grup bentukan kak icha dengan nama ini. akhirnya kami jadi sedeket ini. masyaAllah. entah apa artinya. mungkin punya hubungan dengan sailormoon? wkwk tapi aku suka dengan nama itu. Anggota nya sering disebut sebagai anak bulan. wkwk. Menurut aku, kekuatan bulan tu seolah support system di perkoasan. Sebenernya kekuatan semuanya berasal dari Allah, sedangkan bulan nya itu mungkin identik dengan wanita kali ya. ah entah apaa, ntar aku wawancara kak Icha si ketua geng apaan arti kekuatan bulan. wkwkw. Semoga bisa bersahabat selama nya di dunia dan di syurga. aamiiin.


Foto terakhir banget, Juli 2019.
Sebelum si Sischa mudik ke Bangka forever.
Dia kerja nya disana
Semoga kami cepet lulus drg juga. aamiiin
Fotonya sekalian aku editin biar lucu wkwkwk

”Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki 
syafaat pada hari klamat.” 
 -Hasan Al Bashri

Comments